Kurikulum

Program studi Pendidikan Tata Busana merupakan salah satu dari empat program studi yang ada di Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Program studi Pendidikan Tata Busana berasal dari program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga yang dibagi dua yaitu program studi Pendidikan Tata Busana dan program studi Pendidikan Tata Boga. Program studi Pendidikan Tata Busana menyelenggarakan Pendidikan Tata Busana dengan tujuan menyiapkan sarjana kependidikan profesional, menguasai teknologi dalam bidang tata busana, berwawasan konservasi dan bereputasi internasional. Lulusan program studi Pendidikan Tata Busana juga dibekali kewirausahaan serta kemampuan mencipta dan menggelar karya busana berbasis konservasi. Hal ini harus didukung oleh kurikulum, sistem pembelajaran dan suasana akademik yang memadai.

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan, dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skill dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skill) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Kurikulum memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulum yang digunakan di program studi Pendidikan Tata Busana yaitu kurikulum 2012. Kurikulum program studi dikembangkan dengan harapan lulusan nantinya dapat terserap di lapangan kerja pada skala lokal, nasional maupun internasional. Lulusan program studi Pendidikan Tata Busana dapat bekerja menjadi guru SMK/MAK Pariwisata bidang busana, widya iswara bidang busana, instruktur bidang busana, perancang program pendidikan dan pelatihan di bidang busana, asisten peneliti bidang tata busana, bekerja di industri busana (pattern maker, quality control, designer) dan dapat berwirausaha. Kurikulum selalu berkembang menyesuaikan dengan kebutuhan. Mekanisme peninjauan kurikulum program studi Pendidikan Tata Busana mengacu pada visi, misi, tujuan program studi Pendidikan Tata Busana dan memperhatikan masukan pengguna serta hasil workshop penyempurnaan kurikulum di tingkat universitas, fakultas dan jurusan serta program studi.

Kurikulum 2012 merupakan kurikulum yang berciri konservasi, yang merupakan pengembangan kurikulum 2008. Pada kurikulum 2012 ditentukan mata kuliah (MK) umum yaitu mata kuliah pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan mata kuliah dasar kependidikan yaitu Pengantar Ilmu Pendidikan, Bimbingan Konseling, Manajemen Sekolah dan Psikologi Pendidikan wajib ditempuh oleh semua mahasiswa dengan memperhatikan kurikulum nasional. Pada tingkat fakultas ditetapkan MK Bahasa Inggris sebagai mata kuliah fakultas. Di samping itu menyatukan mata kuliah Filsafat Ilmu dimasukan ke dalam MK Metodologi Penelitian, Pendidikan Lingkungan Hidup semula 0 SKS menjadi 2 SKS, mata kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL) masuk pada semester VII, penambahan mata kuliah pilihan yang semula 9 SKS menjadi 18 SKS, mahasiswa wajib menempuh mata kuliah minimal 144 SKS untuk dapat dinyatakan lulus.

Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengambil kebijakan kembali untuk melakukan peninjauan dan pengembangan kurikulum sesuai dengan perkembangan jaman. Pada tahun 2014 dilakukan peninjauan dan pengembangan kurikulum terhadap kurikulum 2012. Peninjauan kurikulum 2012 melahirkan kurikulum 2015 yang berciri konservasi dan penyusunannya mengacu pada KKNI. Pelaksanaan kurikulum dapat dimonitor oleh semua pemangku kepentingan dengan melihat Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang diupload pada sistem on-line di web UNNES (https://akademik.unnes.ac.id.).