Mahasiswa Denmark Belajar Batik di PKK

Jurusan Pendidikan Kesejahteran Keluarga dikunjungi enam mahasiswa dari Via University College Denmark, untuk belajar batik dalam event One Day Course Batik, Selasa (31/1).

Selama kunjungan mereka diperkenalkan tentang Batik sebagai kain bercorak sebagai busana Indonesia warisan budaya Indonesia. Sebelumnya keenam mahasiswa tersebut disambut oleh para unsur pimpinan Universitas Negeri Semarang yaitu oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Prof Sukestiyarno. beliau berharap, kunjungan itu membuat mereka kenal dan menikmati berbagai seni dan olahraga khas itu. Lebih dari itu, kelak mereka juga dapat memperkenalkan seni dan olahraga itu kepada komunitas mereka di Denmark.

Membatik merupakan hal yang sangat unik dan hal ini sangat dilakukan oleh orang Denmark demikian jelas Jacob Fog Hojris sebagai salah satu peserta One Day Course disela-sela ia belajar membatik. Dra. Sri Endah Wahyuningsih M.Pd. menambahkan bahwa membatik sangat membutuhkan kesabaran dan ketelatenan sehingga tidak jarang karya-karya batik terutama jenis karya batik tulis dihargai sangat tinggi, kegiatan ini semoga bisa lebih memotivasi mahasiswa FT UNNES untuk lebih memacu diri belajar Batik dan jangan sampai mahasiswa FT dalam hal ini Tata Busana, PKK tersaingi  oleh mahasiswa internasional dalam membatik.

Dekan Fakultas Teknik Dr. Nur Qudus, MT sangat mendukung kegiatan ini dimana kegiatan ini dapat meningkatkan reputasi Fakultas Teknik baik secara nasional maupun internasional, karena keenam mahasiswa ini akan kembali ke negaranya dan akan membawa cerita bahwa mereka telah belajar batik di Indonesia, di Fakultas Teknik UNNES.

Hadir dalam kegiatan ini adalah Dr. Ratna Dewi Kusumaningtyas S.T., M.T. selaku staff ahli Rektor bidang Perencanaan dan Kerjasama dan Agus Nugroho, S.Pd.,MT selaku koordinator Kerjasama Luar Negeri FT

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *